Thursday, February 4, 2021

EKSPLORASI KONSEP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI



Informasi tentang pembelajaran berdiferensiasi yang bertujuan untuk menentukan sistem pembelajaran yang sangat baik yang harus diterapkan dalam proses KBM. Fakta yang disampaikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi ini adalah ada beberapa tahapan yang harus dilakukan  oleh seorang pengajar yang kesemuanya itu harus mencerminkan pemahaman murid dan tujuan pembelajaran.

Gagasan mengenai tahapan-tahapan yang harus diterapkan untuk proses pembelajaran berdiferensiasi dan mengenal lingkungan belajar yang baik sehingga proses pembelajaran berdiferensiasi berjalan dengan maksimal.

Tahapan dalam membuat rancangan strategi yang akan diterapkan menurut saya dalam masa pandemi covid 19 ini akan terasa sulit dikarenakan proses pembelajaran dengan sistem daring, maka akan lebih mudah mengatur strategi ketika sudah dimulainya pembelajaran tatap muka, sehingga kita dapat melakukan survey murid.

Lingkungan belajar yang sangat mendukung pembelajaran berdiferensiasi, contoh kelas yang sudah menerapkan pembelajaran diferensiasi itu seperti apa?

Itulah salah satu pertanyaan yang timbul ketika ingin melakukan strategi pembelajaran berdiferensiasi.

DEFINISI

Sistem pembelajaran yang sangat baik yang harus diterapkan dalam proses KBM. Fakta yang disampaikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi ini adalah ada beberapa tahapan yang harus dilakukan  oleh seorang pengajar yang kesemuanya itu harus mencerminkan pemahaman murid dan tujuan pembelajaran.

CIRI-CIRI/ KARAKTERISTIK

MENURUT CARROL TOMINSEN

1.  Setiap orang dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik

2.   Setiap orang di kelas tersebut saling menghargai

3.   Murid akan merasa aman

4.   Ada harapan bagi pertumbuhan

5.   Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan

6.   Ada keadilan dalam bentuk yang nyata

7.   Guru dan siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama


CONTOH

GURU MEMBUAT  SALAH SATU STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI, MENGELOLA LINGKUNGAN YANG NYAMAN SERTA AMAN BAIK FISIK MAUPUN PSIKIS BAGI PARA MURID SEHINGGA AKAN TERLAKSANA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. 


 

BUKAN CONTOH

PEMBELAJARAN YANG HANYA BERFOKUS KEPADA KONTEN DAN TIDAK MEMPERHATIKAN STRATEGI PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF BAGI PARA MURID



 


2 comments:

  1. Pa Andi bagi email atau no WA saya mau menanyakan seputar RPP berdiferensiasi

    ReplyDelete
  2. balas di e mail saya uchyekoajah@gmail.com

    ReplyDelete