Tuesday, February 9, 2021

PROGRAM GURU PENGGERAK||2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual || RPP BERDIFERENSIASI



Cara mendemontrasikan apa yang kita pahami adalah segera menerapkan apa yang sudah menjadi konsep dan strategi yang kita gunakan.

Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan sistem pembelajaran yang sangat baik yang harus diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan  oleh seorang pengajar yang kesemuanya itu harus mencerminkan pemahaman murid dan tujuan pembelajaran.

Pembelajaran yang baik versus Pembelajaran Berdiferensiasi yang baik.

Pembelajaran yang baik

Pembelajaran Berdiferensiasi yang baik

Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu:

·         Dengan menggunakan keterampilan penting dan informasi penting.

·         Untuk memahami ide/ prinsip penting atau menjawab pertanyaan penting.

Murid akan melakukan aktivitas atau membuat sesuatu:

·         Dalam berbagai moda dan pada berbagai tingkat kerumitan, serta dalam berbagai rentang waktu.

·         Dengan jumlah dukungan dari guru atau teman sebaya yang bervariasi(scaffolding).

·         Menggunakan keterampilan penting dan informasi penting.

·         Untuk memahami ide/ prinsip penting atau menjawab pertanyaan penting.


Berikut contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  Berdiferensiasi yang saya buat:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) BERDIFERENSIASI

JARAK JAUH (DARING)

 

Satuan Pendidikan   : SDN Bahagia 01

Kelas/ Semester         : V/ I

Tema                            : Lingkungan Sahabat Kita (tema 8)

Subtema                      : Manusia dan Lingkungan (subtema 1)

Muatan Pembelajaran        : Bahasa Indonesia, IPA

Pembelajaran Ke       : 1

 

A.   Tujuan Pembelajaran

1.    Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi dengan benar.

2.    Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan baik.

3.    Melalui kegiatan berdiskusi, siswa mampu membuat peta pikiran mengenai manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan benar.

 

B.   Sumber Belajar

1.    Aplikasi Google Meet atau Whatsapp

2.    Buku panduan pegangan guru tematik kurikulum 2013 kelas 5 tema 8

3.    Buku murid tematik 2013 kelas 5 tema 8

 

C.   Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

PENDAHULUAN

·         Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam, berdoa, dsb) dan memberikan pesan-pesan harian menggunakan Google Meet.

·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

·         Guru menyampaikan kesepakatan kelas online

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEGIATAN INTI

Meminta murid untuk:

1.    Mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 buku siswa.

2.    Mengidentifikasi berbagai kondisi lingkungan pada gambar

3.    Membaca teks berjudul “Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer.

4.    Menuliskan peristiwa-peristiwa yang terdapat pada teks dalam bentuk peta pikiran

 

                * Untuk murid yang belum bisa membaca menulis dengan lancar guru akan melakukan bimbingan individual atau meminta orang tua membantu melatih murid tersebut mengenai isi teks. Guru akan membagikan beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh orang tua di rumah. (Guru melakukan diferensiasi proses).

 

        Untuk murid yang tidak bisa mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Google Meet guru akan mengirimkan hasil pembelajaran daring berupa video yang sudah direkam oleh guru.

 

Sebagai produk pembelajaran, murid kemudian diminta untuk membuat peta pikiran tentang manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan baik (Guru melakukan diferensiasi produk berdasarkan kesiapan/readiness)

 

ü  Murid yang sudah bisa menulis akan menjelaskan dalam bentuk tulisan.

ü  Murid yang tidak bisa menggunakan aplikasi Google Meet produknya sama yaitu menjelaskan dalam bentuk tulisan.

ü  Murid yang belum bisa membaca menulis dengan lancar, boleh menjelaskan dalam bentuk gambar yang dikirimkan oleh guru dan kemudian menjelaskannya secara lisan melalui video.

ü  Murid dapat mengirimkan pekerjaan kepada guru melalui aplikasi WA. Pekerjaan tertulis murid dapat di foto, dan penjelasan lisan dapat direkam melalui fungsi rekaman suara atau video.

 

KEGIATAN PENUTUP

·         Guru memberikan umpan balik kepada murid

·         Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, terimakasih, doa, dsb).

 

D.   PENILAIAN

Sikap: Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas.

Pengetahuan: Menunjukkan pengetahuan tentang peta pikiran tentang manfaat air

Keterampilan: Mendemonstrasikan penjelasan peta konsep yang ada pada rekaman suara atau video

 

Strategi dan Alat Penilaian:

Penilaian Sikap

- Strategi: Observasi

- Alat: Catatan Anekdot

Nama Murid

Tanggal/ catatan sikap(4)

Tanggal/ catatan sikap (3)

Tanggal/ catatan sikap(0)

-

Murid akan mendapatkan nilai 4 jika menjelaskan tugas secara lancar

Murid akan mendapatkan nilai 3 jika menjelaskan tugas tidak lancar

Murid tidak akan mendapatkan nilai jika tidak mengumpulkan tugas

 

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan

- Strategi: Unjuk kerja

- Alat: Checklist

Contoh Penilaian Ranah Pengetahuan dan Keterampilan

Indikator

Checklist

Catatan

Pengetahuan

Tercapai

Berkembang

Baru mulai terlihat

 

Menunjukkan pengetahuan tentang cara merawat tanaman

 

 

 

 

Keterampilan Menulis

Tercapai

Berkembang

Baru mulai terlihat

Catatan tambahan terkait diferensiasi

Struktur kalimat

 

 

 

 

Kosakata

 

 

 

 

Kreativitas

 

 

 

 

 

Penulis          : Andriansyah, S.Pd.          

Asal sekolah : SDN Bahagia 01   


4 comments: