Cara mendemontrasikan apa yang kita pahami
adalah segera menerapkan apa yang sudah menjadi konsep dan strategi yang kita
gunakan.
Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan sistem pembelajaran yang sangat baik yang harus diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh seorang pengajar yang kesemuanya itu harus mencerminkan pemahaman murid dan tujuan pembelajaran.
Pembelajaran yang baik
versus Pembelajaran Berdiferensiasi yang baik.
Pembelajaran yang
baik |
Pembelajaran
Berdiferensiasi yang baik |
Murid akan melakukan
aktivitas atau membuat sesuatu: ·
Dengan menggunakan keterampilan penting dan informasi penting. ·
Untuk memahami ide/ prinsip penting atau menjawab pertanyaan
penting. |
Murid akan melakukan
aktivitas atau membuat sesuatu: ·
Dalam berbagai moda dan pada berbagai tingkat kerumitan, serta
dalam berbagai rentang waktu. ·
Dengan jumlah dukungan dari guru atau teman sebaya yang
bervariasi(scaffolding). ·
Menggunakan keterampilan penting dan informasi penting. ·
Untuk memahami ide/ prinsip penting atau menjawab pertanyaan
penting. |
Berikut contoh
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi yang saya buat:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) BERDIFERENSIASI
JARAK
JAUH (DARING)
Satuan
Pendidikan : SDN Bahagia 01
Kelas/
Semester : V/ I
Tema : Lingkungan Sahabat
Kita (tema 8)
Subtema : Manusia dan Lingkungan
(subtema 1)
Muatan
Pembelajaran : Bahasa Indonesia,
IPA
Pembelajaran
Ke : 1
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi,
siswa mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi
dengan benar.
2.
Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa
mampu mengidentifikasi manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan
baik.
3. Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa mampu membuat peta pikiran mengenai manfaat air bagi
manusia, hewan, dan tanaman dengan benar.
B.
Sumber
Belajar
1.
Aplikasi Google Meet atau Whatsapp
2.
Buku panduan pegangan guru tematik kurikulum
2013 kelas 5 tema 8
3. Buku
murid tematik 2013 kelas 5 tema 8
C.
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN |
DESKRIPSI KEGIATAN |
PENDAHULUAN
|
·
Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas
(salam, berdoa, dsb) dan memberikan pesan-pesan harian menggunakan Google Meet. ·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai. ·
Guru menyampaikan kesepakatan kelas online |
KEGIATAN
INTI |
Meminta murid untuk: 1.
Mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 buku
siswa. 2.
Mengidentifikasi berbagai kondisi lingkungan pada
gambar 3.
Membaca teks berjudul “Demi Air Bersih, Warga Waborobo
Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer. 4.
Menuliskan peristiwa-peristiwa yang terdapat pada teks
dalam bentuk peta pikiran * Untuk
murid yang belum bisa membaca menulis dengan lancar guru akan melakukan
bimbingan individual atau meminta orang tua membantu melatih murid tersebut
mengenai isi teks. Guru akan membagikan beberapa strategi yang dapat
diterapkan oleh orang tua di rumah. (Guru melakukan diferensiasi proses). Untuk murid yang tidak bisa mengikuti
proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Google Meet guru akan
mengirimkan hasil pembelajaran daring berupa video yang sudah direkam oleh
guru. Sebagai
produk pembelajaran, murid kemudian diminta untuk membuat peta pikiran
tentang manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan baik (Guru
melakukan diferensiasi produk berdasarkan kesiapan/readiness) ü Murid yang sudah
bisa menulis akan menjelaskan dalam bentuk tulisan. ü Murid yang tidak
bisa menggunakan aplikasi Google Meet produknya sama yaitu menjelaskan dalam
bentuk tulisan. ü Murid yang belum
bisa membaca menulis dengan lancar, boleh menjelaskan dalam bentuk gambar yang
dikirimkan oleh guru dan kemudian menjelaskannya secara lisan melalui video. ü Murid dapat
mengirimkan pekerjaan kepada guru melalui aplikasi WA. Pekerjaan tertulis
murid dapat di foto, dan penjelasan lisan dapat direkam melalui fungsi
rekaman suara atau video. |
KEGIATAN
PENUTUP |
·
Guru memberikan umpan balik kepada murid ·
Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin
(salam, terimakasih, doa, dsb). |
D.
PENILAIAN
Sikap: Observasi terhadap
sikap komitmen murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas.
Pengetahuan:
Menunjukkan pengetahuan tentang peta pikiran tentang manfaat air
Keterampilan:
Mendemonstrasikan penjelasan peta konsep yang ada pada rekaman suara atau video
Strategi dan Alat Penilaian:
Penilaian Sikap
-
Strategi: Observasi
-
Alat: Catatan Anekdot
Nama
Murid |
Tanggal/
catatan sikap(4) |
Tanggal/
catatan sikap (3) |
Tanggal/
catatan sikap(0) |
- |
Murid
akan mendapatkan nilai 4 jika menjelaskan tugas secara lancar |
Murid
akan mendapatkan nilai 3 jika menjelaskan tugas tidak lancar |
Murid
tidak akan mendapatkan nilai jika tidak mengumpulkan tugas |
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
-
Strategi: Unjuk kerja
-
Alat: Checklist
Contoh Penilaian Ranah Pengetahuan dan
Keterampilan
Indikator |
Checklist |
Catatan |
||
Pengetahuan |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai terlihat |
|
Menunjukkan
pengetahuan tentang cara merawat tanaman |
|
|
|
|
Keterampilan
Menulis |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai terlihat |
Catatan
tambahan terkait diferensiasi |
Struktur kalimat |
|
|
|
|
Kosakata |
|
|
|
|
Kreativitas |
|
|
|
|
Penulis : Andriansyah, S.Pd.
Asal
sekolah : SDN Bahagia 01
Sukses ya.. Hebat udah nyampe tahap ini heeee
ReplyDeletetrimakasih, hehe
Deletekereeen pak Andriansyah.... sukses always yaa..
ReplyDeleteTrimkasih bu Gina, sma2 ya,,,, smngatttttt
Delete