Tematik Kelas I
Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan pengataman, siswa dapat mengenal anggota tubuh dan menyebutkan bagian-bagian tubuh dengan tepat
2. Melalui kegiatan membaca, siswa dapat menuliskan bagian-bagian anggota tubuh dan cara perawatannya dengan benar
KEGIATAN
PEMBELAJARAN KEGIATAN PENDAHULUAN
1. Guru memulai dengan kegiatan rutin
membuka kelas (salam, berdo’a, dsb) dan memberikan pesan-pesan harian
menggunakan platform daring yang dipilih.
2.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai
KEGIATAN
INTI
Meminta
murid untuk:
1.
Mengamati anggota tubuh diri sendiri
2.
Mengamati video pembelajaran tentang
bagian-bagian anggota tubuh
3.
Membuat pertanyaan bebas terkait dengan
perawatan anggota tubuh
4.
Mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan
yang telah dibuat dengan orangtua di rumah untuk mendapatkan jawaban atas
pertanyaan mereka
5.
Membaca cerita singkat tentang
perawatan anggota tubuh di hadapan orangtua di rumah.
Bagi siswa yang belum bisa membaca dengan lancar, orangtua membantu membacakan tentang perawatan anggota tubuh. Selain itu, guru akan melakukan bimbingan individual atau meminta orangtua membantu melatih murid membaca dengan menggunakan metode SAS. Guru akan membagikan strategi yang diterapkan oleh orangtua di rumah. (Diferensiasi Proses)
Bagi murid yang belum bisa menulis dengan lancar guru akan melakukan bimbingan individual atau meminta orangtua membantu melatih murid tersebut membuat kata, frase, kalimat sederhana. Guru membagikan beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh orangtua di rumah. (Diferensiasi Proses) Sebagai produk pembelajaran, murid kemudian diminta untuk menyebutkan cara-cara merawat anggota tubuh yang telah mereka ketahui dengan berbagai cara. (Guru melakukan diferensiasi produk berdasarkan kesiapan siswa) · Murid yang sudah bisa menulis akan menjelaskan dalam bentuk tulisan · Murid yang belum bisa menulis dengan lancar, diberi pilihan untuk menjelaskan dalam bentuk gambar dengan diberi keterangan satu atau dua kata sesuai dengan kemampuannya · Murid mengirimkan hasil pekerjaannya berupa foto, video, atau rekaman suara kepada guru melalui WA Grup.
KEGIATAN PENUTUP
1.
Guru memberikan umpan balik kepada
murid
2.
Guru menutup pembelajaran sesuai
prosedur rutin (salam, terimakasih, do’a, dsb)
PENILAIAN
PENILAIAN
SIKAP : Observasi terhadap sikap murid dalam menyerahkan tugas
PENGETAHUAN
: Menunjukkan pengetahuan tentang bagian-bagian anggota tubuh dan cara
perawatannya
KETERAMPILAN
: Mendemonstrasikan keterampilan menulis
Strategi
dan Alat Penilaian
PENILAIAN SIKAP
Nama Murid |
Hari, Tanggal ……………. Catatan Sikap |
|
|
Penilaian Pengetahuan
Strategi : Unjuk Kerja
Alat : Daftar Checklist
Indikator |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai terlihat |
Catatan |
Menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh dengan tepat |
|
|
|
|
Menunjukkan cara perawatan anggota tubuh dengan tepat |
|
|
|
|
Strategi: Unjuk Kerja
Alat : Daftar Ceklis
Indikator |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai terlihat |
Catatan tambahan terkait diferensiasi |
Struktur kalimat |
|
|
|
|
Kosakata |
|
|
|
|
Kreatifitas |
|
|
|
|
Ade mariatul Qibtiyah
Andriansyah
Hanifah
Mantul ya Pak Guru. Semangatttt💪💪💪😊
ReplyDeletetrimakasih, smngattttttt
Deletetetaap kereeeen...
ReplyDeletehehehee
Delete