Saturday, February 6, 2021

RPP BERDIFERENSIASI

 

RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tematik Kelas I

Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui kegiatan pengataman, siswa dapat mengenal anggota tubuh dan menyebutkan bagian-bagian tubuh dengan tepat

2. Melalui kegiatan membaca, siswa dapat menuliskan bagian-bagian anggota tubuh dan cara perawatannya dengan benar


KEGIATAN PEMBELAJARAN KEGIATAN PENDAHULUAN

1.   Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam, berdo’a, dsb) dan memberikan pesan-pesan harian menggunakan platform daring yang dipilih.

2.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai


KEGIATAN INTI

Meminta murid untuk:

1.   Mengamati anggota tubuh diri sendiri

2.   Mengamati video pembelajaran tentang bagian-bagian anggota tubuh

3.   Membuat pertanyaan bebas terkait dengan perawatan anggota tubuh

4.   Mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat dengan orangtua di rumah untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka

5.   Membaca cerita singkat tentang perawatan anggota tubuh di hadapan orangtua di rumah.

Bagi siswa yang belum bisa membaca dengan lancar, orangtua membantu membacakan tentang perawatan anggota tubuh. Selain itu, guru akan melakukan bimbingan individual atau meminta orangtua membantu melatih murid membaca dengan menggunakan metode SAS. Guru akan membagikan strategi yang diterapkan oleh orangtua di rumah. (Diferensiasi Proses)

Bagi murid yang belum bisa menulis dengan lancar guru akan melakukan bimbingan individual atau meminta orangtua membantu melatih murid tersebut membuat kata, frase, kalimat sederhana. Guru membagikan beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh orangtua di rumah. (Diferensiasi Proses) Sebagai produk pembelajaran, murid kemudian diminta untuk menyebutkan cara-cara merawat anggota tubuh yang telah mereka ketahui dengan berbagai cara. (Guru melakukan diferensiasi produk berdasarkan kesiapan siswa) · Murid yang sudah bisa menulis akan menjelaskan dalam bentuk tulisan · Murid yang belum bisa menulis dengan lancar, diberi pilihan untuk menjelaskan dalam bentuk gambar dengan diberi keterangan satu atau dua kata sesuai dengan kemampuannya · Murid mengirimkan hasil pekerjaannya berupa foto, video, atau rekaman suara kepada guru melalui WA Grup.


KEGIATAN PENUTUP

1.   Guru memberikan umpan balik kepada murid

2.   Guru menutup pembelajaran sesuai prosedur rutin (salam, terimakasih, do’a, dsb)


PENILAIAN

PENILAIAN SIKAP : Observasi terhadap sikap murid dalam menyerahkan tugas

PENGETAHUAN : Menunjukkan pengetahuan tentang bagian-bagian anggota tubuh dan cara perawatannya

KETERAMPILAN : Mendemonstrasikan keterampilan menulis


 

Strategi dan Alat Penilaian

PENILAIAN SIKAP

Nama Murid

Hari, Tanggal ………….

Catatan Sikap

 

 


Penilaian Pengetahuan

Strategi : Unjuk Kerja

Alat : Daftar Checklist

 

Indikator

 

Tercapai

 

Berkembang

Baru mulai terlihat

 

Catatan

Menunjukkan bagian-bagian anggota

tubuh dengan tepat

 

 

 

 

Menunjukkan cara perawatan anggota

tubuh dengan tepat

 

 

 

 


Strategi: Unjuk Kerja

Alat       : Daftar Ceklis

Indikator

Tercapai

 

Berkembang

Baru mulai

terlihat

Catatan tambahan terkait diferensiasi

Struktur kalimat

 

 

 

 

Kosakata

 

 

 

 

Kreatifitas

 

 

 

 


Bekasi, 6 Februari 2021 
     
Penulis   CGP KABUPATEN BEKASI                                                      

Ade mariatul Qibtiyah

Andriansyah

Hanifah

4 comments: