Monday, February 8, 2021

PROGRAM GURU PENGGERAK || 2.1.a.6 REFLEKSI TERBIMBING|| MODUL 2.1



Dalam melakukan praktek pembelajaran berdiferensiasi ada beberapa tahapan yang harus dilakukan  oleh seorang pengajar yang kesemuanya itu harus mencerminkan pemahaman murid dan tujuan pembelajaran, beberapa strategi harus dijalankan dengan baik agar pembelajaran berdiferensiasi berjalan dengan efektif.

Pendekatan yang seharusnya saya ubahsesuaikan adalah tambahkan berbagai macam konten yang tadinya hanya satu produk hasil murid pada satu materi ajar menjadi beberapa produk sesuai yang sudah disurvey pada kesiapan belajar murid.

Tetap bersikap positif, tetap berfikiran yang positif, tetap bergerak dan terus mengeksplor diri untuk meningkatkan kompetensi diri, yang bertujuan untuk merubah karakter para murid kepada profil pelajar pancasila.

Materi strategi pembelajaran berdiferensiasi dimana konten, proses, dan produk sangatlah harus dipersiapkan secara teliti oleh para guru, sehingga menjadi solusi untuk kita sebagai guru membentuk karakter baik bagi anak yang bertujuan mencapai profil pelajar pancasila.    

Menurut saya yang sulit untuk diterapkan dalam pendidikan berdiferensiasi adalah ketika menemukan murid yang dikategorikan sebagai murid yang berkebutuhan khusus di kelas, karena sangat membutuhkan perhatian lebih yang khusus buat dia jangan sampai terlewatkan.

Jika saya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk murid tersebut yang dikatakan termasuk salah satu anak berkebutuhan khusus, tentunya saya akan berkoordinasi mengkomunikasikan hal tersebut dengan Kepala Sekolah selaku pemangku kepentingan dan teman sejawat untuk mencari solusi pemecahan masalah dengan saya memberi opsi memanggil pengajar sekolah luar biasa untuk bisa diajak menyelesaikan masalah.

Risiko pasti ada ketika kita berani keluar dari zona nyaman kita sebagai pengajar. Sebagai contoh nyata yang saya alami ketika sistem pembelajaran saya ubah dengan tujuan murid keluar dari zona nyaman mereka untuk meningkatkan kompetensi para murid. Efektif atau tidaknya suatu sistem pembelajaran yang kita gunakan akan terlihat ketika menerapkannya. Jika itu berhasil maka akan kita lanjutkan, dan jika itu menurut saya tidak berhasil maka akan saya lakukan evaluasi dan menyusun strategi baru untuk bisa segera diterapkan.




2 comments: