RANGKUMAN
MATERI PELAJARAN TEMATIK
KELAS
5 SEKOLAH DASAR
TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN
SUBTEMA 1 PERISTIWA
KEBANGSAAN MASA PENJAJAH
PEMBELAJARAN 1 MATA
PELAJARAN YANG TERKAIT ADALAH
-
ILMU PENGETAHUAN ALAM
-
BAHASA INDONESIA
-
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
membaca teks tentang peristiwa kedatangan bangsa barat di Indonesia, siswa
dapat mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa di
Indonesia secara benar.
2.
Dengan
membuat peta pikiran, siswa dapat menjelaskan peristiwa kedatangan
bangsa-bangsa Eropa di Indonesia dengan menggunakan kosakata baku secara tepat.
3.
Dengan
membaca teks, siswa dapat menjelaskan tentang sifat-sifat benda padat, cair,
dan gas.
4.
Dengan
berdiskusi tentang ulasan teks, siswa dapat menjelaskan isi dan informasi
sebuah teks secara tepat.
5.
Dengan
melakukan percobaan, siswa dapat menunjukkan perbedaan sifat wujud benda
(padat, cair, dan gas).
-
Berbagai macam peristiwa dalam
kehidupan
1.
peristiwa
pribadi
2.
peristiwa
keluarga
3.
peristiwa
masyarakat
4.
Peristiwa
bangsa dan Negara
-
Peristiwa dapat dibedakan menjadi dua
macam
1.
peristiwa
yang menyenangkan
2.
peristiwa
yang tidak menyenangkan
-
Salah
satu penyebab di jajahnya bangsa Indonesia adalah melimpahnya rempah-rempah. Rempah-rempah
begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempahrempah dapat meningkatkan
kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah
juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.
-
Hubungan antara cengkih dan penjajahan
yang dialami oleh bangsa kita?
Cengkih memiliki
banyak manfaat
1.
Sebagai
bumbu masak
2.
cengkih
digunakan dalam bentuk bunga utuh atau dalam bentuk bubuk
3.
Cengkih
juga dimanfaatkan oleh bangsa China dan Jepang sebagai dupa.
4.
minyak
cengkih digunakan sebagai aroma terapi dan obat sakit gigi
Pohon cengkih banyak manfaatnya sehingga menjadikannya
bernilai ekonomis tinggi. Oleh karena itulah, cengkih merupakan salah satu
bahan rempah-rempah yang menjadi buruan bangsa-bangsa Eropa. Hal itu memicu
terjadinya penjajahan di Indonesia.
-
Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Mulai akhir abad XV, bangsa Eropa berusaha melakukan
penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan
penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali
mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang
mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa
Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan
Banten pada tahun 1596.
-
Salah satu latar belakang kedatangan
bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory).
1.
Gold:
Adanya keinginan mencari kekayaan
2.
Gospel:
Adanya keinginan menyebarkan agama
3.
Glory:
Adanya keinginan mencari kejayaan
-
Cara membuat “Ulasan Teks”
Judul teks
................................................................................................................................
Bagian yang paling menarik
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Informasi penting
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Pendapat saya tentang teks ini
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Saya menyarankan/tidak menyarankan
teks ini karena
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
0 comments:
Post a Comment