Wednesday, April 28, 2021

PROGRAM GURU PENGGERAK || 3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya || SDN Bahagia 01_Kab. Bekasi

 

PEMETAAN 7 KELOMPOK ASET – SUMBER DAYA

SDN BAHAGIA 01_KAB. BEKASI

 

 

ANDRIANSYAH, S.Pd._CGP KAB. BEKASI

 

1.       MODAL MANUSIA

PEDULI KESEHATAN, PEDULI PENDIDIKAN(MAYORITAS PENDIDIKAN UMUM DAN KEAGAMAAN), KECAKAPAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEWIRAUSAHAAN, KHUSUSNYA PARA ORANG TUA SEHINGGA MEMBANTU PARA MURID AKAN KEBERLANGSUNGAN PENDIDIKANNYA BAIK DI SEKOLAH MAUPUN PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN KELUARGA.

2.       MODAL SOSIAL

TINGGI KEPEDULIAN, SALING MELENGKAPI ANTARA PERBEDAAN BUDAYA ANTARA PENDATANG DENGAN PRIBUMI DAN MENJALIN KERJASAMA, TERLIHAT PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI KELAS.

3.       MODL FISIK

UNTUK BANGUNAN SEKOLAH SANGAT MENDUKUNG, INFRASTRUKTUR NAMUN PADA WAKTU TERTENTU KETIKA PADA MUSIM HUJAN MENGALAMI KENDALA YAITU AKSES JALAN MENUJU SEKOLAH BEBERAPA LOKASI MENGALAMI BANJIR. KOMUNIKASI LANCAR, INTERNET LANCAR MEMUDAHKAN PARA GURU DENGAN ORANG TUA MURID MEMBANGUN SINERGI YANG BERKOMPETEN.

4.       MODAL LINGKUNGAN/ ALAM

MAYORITAS DAERAH SEKITAR SDN BAHAGIA 01 BERUPA LINGKUNGAN INDUSTRI SEBAGAI  MODAL UTAMA, WILAYAH LINGKUNGAN ALAMNYA SEBAGAI MODAL EKONOMI KERAKYATAN ATAU KEARIFAN LOKAL.

5.       MODAL FINANSIAL

DAYA DUKUNG KEUANGANNYA MENGALAMI PERPUTARAN SANGAT CEPAT DENGAN DI DUKUNG OLEH USAHA KECIL, SUMBER PENDAPATAN INTERNAL DAN EKSTERNAL, PENGETAHUAN BERCOCOK TANAM, BERJUALAN SAYURAN.

6.       MODAL POLITIK

KEGIATAN PELAKSANAAN MUSRENBANG DI KELURAHAN BAHAGIA UNTUK MENGEMBANGKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR SEKOLAH DAN TERDAPAT HUBUNGAN BAIK ANTARA KOMUNITAS SEKOLAH DENGAN PUSKESMAS, ATAUPUN ANTAR LEMBAGA LAIN.

7.       MODAL AGAMA DAN BUDAYA

WARISAN AGAMA DAN BUDAYA MASIH KENTAL, DAN SALING MENGHARGAI KERAGAMAN  BUDAYA, TOLERANSI BERAGAMA SANGAT KUAT, TERCERMIN DI DALAM KELAS ATAUPUN DI SEKOLAH KETIKA MELAKUKAN KEGIATAN SUATU ACARA KEBUDAYAAN ATAUPUN KEAGAMAAN PADA DIRI SETIAP PARA MURID.

 

PENTINGNYA MENGETAHUI ASET DAN SUMBER DAYA YANG DIMILIKI SEKOLAH LALU BERSINERGI DENGAN ORANG TUA MURID DAN SEGALA PEMANGKU KEPENTINGAN YANG ADA DI SEKOLAH UNTUK  MENCIPTAKAN SUASANA MERDEKA BELAJAR UNTUK PARA MURID BAIK PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN MASYARAKAT, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH. SEHINGGA KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK PARA MURID AKAN TERCAPAI.

0 comments:

Post a Comment