Muatan IPA Ki 3.1 dan KI 4.1
Pembelajaran 1 Alat Gerak Hewan dan
Manusia
Alat gerak terdiri dari dua macam:
- Alat gerak aktif
Otot
disebut alat gerak aktif karena dapat bergerak.
- Alat gerak pasif
Tulang
disebut alat gerak pasif karena tanpa gerakan otot, tulang tidak dapat
melakukan gerakan
Pembelajaran 2 Alat Gerak Hewan dan
Fungsinya
Alat gerak hewan disesuaikan dengan aktivitas
dan tempat hidupnya.
No. |
Hewan |
Alat
Gerak |
Fungsi |
1 |
Ikan
|
Sirip
dan ekor |
Berenang
|
2 |
Amfibi |
Kaki |
Berjalan,
melompat, dan berenang |
3 |
Reptilia |
Kaki
(buaya), otot perut (ular), dan kaki dayung (penyu) |
Berjalan,
merayap, memanjat, dan berenang |
4 |
Burung |
Sayap
(burung kakak tua), kaki (burung unta) |
Berjalan,
berlari, terbang, dan berenang |
5 |
Mamalia |
Kaki
(kerbau, sapi, dan kuda), sirip (paus dan lumba-lumba) |
Berjalan,
berlari, melompat, dan berenang |
Pembelajaran 5 Alat Gerak pada Hewan
Vertebrata dan Hewan Invertebrata
Berdasarkan ada atau tidaknya tulang
belakang di dalam tubuhnya, hewan dibedakan menjadi:
a.
Hewan Vertebrata memiliki
tulang belakang Contohnya: kelinci, kucing, paus, ular, dan katak.
b.
Hewan Invertebrata tidak
memiliki tulang belakang Contohnya: siput, semut, cacing, dan kupu-kupu.
Pembelajaran 6 Alat Gerak Hewan
Vertebrata dan Invertebrata
Perbedaan
antara hewan vertebrata dan invertebrata
Vertebrata |
Invertebrata |
Memiliki
tulang belakang. |
Tidak
memiliki tulang belakang. |
Memiliki bagian tubuh yang umum, seperti
kepala, leher, dan badan. |
Memiliki anatomi tubuh yang masih sederhana. |
Memiliki
alat pencernaan yang memanjang mulai dari mulut sampai alat pembuangan. |
Memiliki
alat pencernaan yang masih sederhana. |
Memiliki bentuk tubuh simetri bilateral |
Memiliki bentuk tubuh simetri
bilateral atau simetri radial. |
Contoh:
ikan, amfibi, reptilia, burung, dan mamalia. |
Contoh:
cacing, serangga, dan hewan lunak. |
Muatan Bahasa Indonesia Ki 3.1 dan 4.1 Pembelajaran
1 Pengertian Ide Pokok
Informasi utama disampaikan melalui ide
pokok teks. Ide pokok merupakan inti atau dasar permasalahan suatu teks. Ide
pokok dalam teks sering juga disebut pokok pikiran atau gagasan utama karena
berisi gagasan dasar penulis.
Cara menentukan ide pokok adalah:
- Bacalah teks dengan saksama secara keseluruhan,
- Carilah kalimat utama dari teks tersebut. Ide pokok biasanya dijumpai pada kalimat utama tersebut.
Pembelajaran 2 Menentukan Ide Pokok
dalam Kalimat Utama.
Dalam suatu paragraf atau teks tulis, ide
pokok dapat dijumpai dalam kalimat utama. Kalimat utama berisi informasi utama
yang menjelaskan dasar permasalahan di dalam teks. Kalimat utama biasanya
terdapat di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir suatu
teks.
Pembelajaran 3 Kalimat Utama dan Kalimat
Penjelas
•
Selain kalimat utama, dalam
suatu paragraf atau teks terdapat kalimat penjelas. berisi informasi tambahan
untuk menjelaskan lebih rinci hal-hal yang disampaikan kalimat utama.
•
dapat berisi informasi
tambahan, alasan, atau sanggahan yang mendukung pernyataan pada kalimat utama
sehingga disebut juga kalimat pendukung
contoh:
Pembelajaran 4 Menentukan Ide Pokok
Suatu Teks
Hal yang perlu dilakukan untuk menemukan
ide pokok, yaitu:
• Membaca teks secara keseluruhan.
• Mencari kalimat utama teks tersebut.
• Menemukan informasi dalam kalimat utama.
Pembelajaran 5 Mengembangkan Ide Pokok
Langkah-langkah untuk membuat sebuah
paragraf berdasarkan ide pokok, yaitu:
- Menentukan topik dari paragraf yang akan dibuat.
- Menentukan ide pokok dari paragraf atau teks yang akan dibuat.
- Membuat sebuah kalimat yang berisi ide pokok tersebut untuk
menjadi kalimat utama dari paragraf yang akan dibuat.
- Mengembangkan kalimat dan ide pokok tersebut menjadi beberapa
kalimat.
- Menulis beberapa kalimat yang berisi informasi-informasi
tambahan untuk mendukung kalimat utama yang telah dibuat.
- Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah kalimat yang
padu.
Muatan PPKn Ki 3.1 dan 4.1
Pembelajaran 1 Nilai-Nilai yang
Terkandung dalam Tiap Sila Pancasila
Sila ke- |
Nilai-Nilai
dalam Sila Pancasila |
1 |
Masyarakat
Indonesia mengakui Tuhan adalah pencipta alam semesta. |
2 |
Mengakui
adanya persamaan derajat antara sesama manusia sehingga setiap warga negara
memiliki hak dan kewajiban yang sama |
3 |
Diwujudkan
dengan rasa cinta terhadap tanah air dan rela berkorban bagi bangsa dan
negara. |
4 |
Sebagai
pedoman dalam upaya penyelesaian masalah yang terjadi di masyarakat. |
5 |
Mengharapkan
agar masyarakat Indonesia tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan
kepentingan umum. |
Pembelajaran 4 Sikap Gotong Royong
Sesuai Nilai Pancasila
Kerja sama adalah suatu bentuk budaya bangsa Indonesia yang sering
disebut gotong royong. Dengan gotong royong, masyarakat memiliki tujuan yang
sama untuk mewujudkan kepentingan bersama tanpa mempedulikan perbedaan suku
maupun golongan
Muatan IPS Ki
3.1 dan 4.1
Pembelajaran
3 Letak Geografis Indonesia
Letak geografis adalah
letak suatu wilayah yang dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi.
Batas wilayah
Indonesia berdasarkan letak geografisnya, yaitu:
Pembelajaran 4 Menentukan Ide Pokok
Suatu Teks
Hal yang perlu dilakukan untuk menemukan
ide pokok, yaitu:
• Membaca teks secara keseluruhan.
• Mencari kalimat utama teks tersebut.
• Menemukan informasi dalam kalimat utama.
Pembelajaran 5 Mengembangkan Ide Pokok
Langkah-langkah untuk membuat sebuah
paragraf berdasarkan ide pokok, yaitu:
- Menentukan topik dari paragraf yang akan dibuat.
- Menentukan ide pokok dari paragraf atau teks yang akan dibuat.
- Membuat sebuah kalimat yang berisi ide pokok tersebut untuk
menjadi kalimat utama dari paragraf yang akan dibuat.
- Mengembangkan kalimat dan ide pokok tersebut menjadi beberapa
kalimat.
- Menulis beberapa kalimat yang berisi informasi-informasi
tambahan untuk mendukung kalimat utama yang telah dibuat.
- Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah kalimat yang
padu.
Muatan PPKn Ki 3.1 dan 4.1
Pembelajaran 1 Nilai-Nilai yang
Terkandung dalam Tiap Sila Pancasila
Sila ke- |
Nilai-Nilai
dalam Sila Pancasila |
1 |
Masyarakat
Indonesia mengakui Tuhan adalah pencipta alam semesta. |
2 |
Mengakui
adanya persamaan derajat antara sesama manusia sehingga setiap warga negara
memiliki hak dan kewajiban yang sama |
3 |
Diwujudkan
dengan rasa cinta terhadap tanah air dan rela berkorban bagi bangsa dan
negara. |
4 |
Sebagai
pedoman dalam upaya penyelesaian masalah yang terjadi di masyarakat. |
5 |
Mengharapkan
agar masyarakat Indonesia tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan
kepentingan umum. |
Pembelajaran 4 Sikap Gotong Royong
Sesuai Nilai Pancasila
Kerja sama adalah suatu bentuk budaya bangsa Indonesia yang sering
disebut gotong royong. Dengan gotong royong, masyarakat memiliki tujuan yang
sama untuk mewujudkan kepentingan bersama tanpa mempedulikan perbedaan suku
maupun golongan
Muatan IPS Ki
3.1 dan 4.1
Pembelajaran
3 Letak Geografis Indonesia
Letak geografis adalah
letak suatu wilayah yang dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi.
Batas wilayah Indonesia berdasarkan letak geografisnya, yaitu:
Letak astronomis adalah letak suatu wilayah yang dilihat dari posisinya di garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayal yang melingkar secara mendatar di permukaan bumi. Garis bujur adalah garis yang menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan.Letak astronomis Indonesia adalah 6o LU - 11o LS dan 95o BT - 141o BT.
Pembelajaran 4 Kondisi Geografis Indonesia
Sumatera
Batas wilayah:
Utara :
Teluk Benggala, Malaysia, dan Thailand
Timur :
Selat Malaka dan Pulau Kalimantan
Barat : Samudra Hindia
Selatan : Selat Sunda dan Pulau Jawa
Keadaan alam: Selat Malaka, Danau Toba, Sungai
Musi, Gunung Kerinci, dan Gunung Leuser.
Jawa
Batas wilayah:
Utara : Pulau Kalimantan
dan Laut Jawa
Timur : Selat Bali dan
Pulau Bali
Barat : Selat Sunda
Selatan : Samudra Hindia
Keadaan alam: Sungai Bengawan Solo, Danau Ranu
Kumbolo, dan Gunung Semeru.
Kalimantan
Batas wilayah:
Utara :
Malaysia, Brunei, Laut Tiongkok Selatan
Timur :
Selat Makassar dan Pulau Sulawesi
Barat : Laut Natuna dan Pulau Sumatra
Selatan : Laut Jawa dan Pulau Jawa
Keadaan alam: Sungai Kapuas, Danau Bangkau,
Gunung Raya, dan Gunung Kinabalu.
Sulawesi
Batas wilayah:
Utara :
Laut Sulawesi dan Filipina
Timur :
Laut Maluku dan Kepulauan Maluku
Barat :
Selat Makassar dan Pulau Kalimantan
Selatan :
Laut Flores dan NTT
Keadaan alam: Sungai Poso, Danau Tempe, Gunung
Klabat, dan Gunung Lokon.
Bali dan Nusa Tenggara
Batas wilayah:
Utara : Laut Bali, Laut
Flores, Pulau Sulawesi
Timur : Timor Timur
Barat : Pulau Jawa dan Selat Bali
Selatan : Samudra Hindia
Keadaan alam: Sungai Petanu, Danau Batur, dan
Gunung Rinjani.
Papua
Batas wilayah:
Utara : Samudra Pasifik
Timur : Negara Papua Nugini
Barat : Kepulauan Maluku
Selatan : Laut Arafura dan Australia
Keadaan alam: Sungai Memberamo, Danau Sentani,
dan Gunung Jaya Wijaya.
Muatan SBdP Ki 3.1 dan 4.1
Pembelajaran 2 Pengertian Gambar Cerita
Gambar cerita adalah sebuah gambar atau urutan gambar yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk sebuah cerita. Contohnya adalah Gambar Ilustrasi. Gambar ilustrasi dibedakan menjadi dua, yaitu: Gambar ilustrasi dengan foto dan Gambar ilustrasi dengan gambar tangan.
Pembelajaran 5 Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi
Pembelajaran 6 Membuat Gambar Ilustrasi
Sesuai Tema
Berikut langkah-langkah dalam membuat
gambar ilustrasi.
•
Menentukan Tema: Tema ilustrasi
harus sesuai dengan teks atau bacaan yang akan diilustrasikan.
•
Membuat Gambar: Gambarlah
sketsa atau rancangan gambar terlebih dahulu.
•
Mewarnai: Warnailah dengan
pensil warna, cat air, spidol, atau krayon.
0 comments:
Post a Comment